Desain Dapur 2x1 Meter Bentuk L

Trik Membuat Dapur Minimalis Ukuran 2×1 Menjadi Terlihat Lebih Luas dan Lega

Diposting pada

Karena banyaknya penduduk di dunia ini membuat lahan tempat tinggal pun semakin sulit dicari. Alhasil banyak orang yang hanya bisa hidup di lahan yang sempit. Namun, hal tersebut tidak membuat manusia menyerah dengan keadaan. Lahan yang sempit bisa menjadi tempat tinggal yang lega asal pandai dalam menatanya. Salah satu yang menjadi masalah dalam menata rumah yang kecil adalah bagian dapur. Untuk dapur minimalis ukuran 2×1 Anda bisa menyiasatinya menjadi dapur yang lega dan nyaman dipakai. Bagaimana caranya ? Berikut beberapa ulasannya :

  1. Menggunakan Permainan Warna yang Baik dan Benar
    Yang harus Anda lakukan untuk membuat dapur minimalis ukuran 2×1 Anda menjadi lebih lega yang pertama adalah gunakan permainan warna yang baik dan benar. Gunakan warna-warna yang mengarah ke warna cerah atau warna yang soft pastel agar dapur Anda bisa terlihat lebih lega. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda menambahkan warna tua asal hanya menjadi aksen saja.Bagi Anda yang menyukai warna gelap bisa ditambahkan pada garis-garis horizontal atau pun vertikal untuk menambah keseimbangan warna saja. Namun, untuk warna utama sebaiknya menggunakan warna yang cerah. Warna yang cerah akan memantulkan cahaya sehingga bisa membuat dapur Anda menjadi lebih terang dan lebih lega,
  2. Menggunakan Pencahayaan Listrik yang Baik
    Selanjutnya gunakan pencahayaan listrik yang baik. Gunakan lampu yang cukup besar dayanya agar bisa membuat dapur Anda menjadi lebih terang dan lebih lega. Anda bisa memilih menggunakan lampu satu besar atau menggunakan lampu kecil yang banyak. Hal ini sesuai dengan selera asal lampu yang digunakan bisa menerangi area dapur dengan cukup baik.
    Jika Anda menggunakan kabinet atas meja dapur maka Anda bisa meletakkan lampu di bawahnya agar bagian meja pun akan terlihat lebih terang. Dengan pengaturan pencahayaan yang baik dan benar maka akan membuat dapur memiliki kesan luas sebab cahayanya akan menjadi lebih memancar.
  3. Manfaatkan Pencahayaan non Listrik yang Alami
    Selain, pencahayaan listrik Anda juga bisa memanfaatkan pencahayaan non listrik untuk digunakan saat siang hari. Anda bisa memanfaatkan kaca jendela atau genting kaca agar dapur Anda menjadi lebih terang dan lebih bercahaya. Anda bisa menggunakan kaca yang besar pada dinding sehingga bagian luarnya terlihat, maka akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas.
    Bagian atas pun juga bisa Anda beri genting yang terbuat dari kaca tembus pandang, bisa dengan kurang yang kecil atau dengan ukuran yang besar. Namun, dalam pemilihan kaca juga sebainya yang sudah ada filter sinarnya agar cahaya yang masuk pada dapur tidak terlalu panas dan tidak terlalu menyengat kulit.
  4. Manfaatkan Kaca dengan Berbagai Motif dan Bentuk
    Jika Anda tidak menyukai penggunaan pencahayaan non listrik maka Anda bisa memanfaatkan kaca untuk aksen pada dapur. Anda bisa memanfaatkan kaca sebagai alat untuk kaca biasa, menggunakan kaca sebagai material kabinet, material meja, material kulkas, dan lain sebagainya.
    Kaca biasa biasanya bisa Anda dapatkan dengan berbagai bentuk dan motif, Ada yang berbentuk kotak biasa, lingkaran, hexagonal, dan lainnya. Anda bisa menempelkannya pada tembok yang kosong sehingga akan membuat dapur terasa lebih luas.
    Selain itu, Anda bisa memilih furnitur yang terbuat dari kaca pula bisa membuat kesan dapur Anda menjadi lebih lega karena kaca mampu memantulkan beberapa furnitur dan luas dapur Anda dan membuat kesan menambah ruangan di dalam kaca.
  5. Manfaatkan Model Dapur dengan Bentuk L
    Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan model dapur yang berbentuk L. Model ini sangat digemari oleh penganut model minimalis karena memiliki bentuk yang sangat sederhana dan lebih terlihat modern. Dengan model ini, Anda hanya perlu menggunakan dua sisi dalam satu sudut dinding saja dengan memanfaatkan beberapa kabinet agar lebih terlihat rapi dan simpel.
    Model ini sangat hemat tempat sehingga sisi tembok yang lain bisa Anda gunakan untuk beberapa trik yang lainnya, seperti untuk memasang kaca atau untuk menempel berbagai tulisan resep, menambah beberapa tanaman tempel dinding sehingga bisa menambahkan estetika ruangan dapur.
  6. Manfaatkan Kabinet untuk Menata Alat Makan dan Alat Masak
    Untuk peralatan masak dan peralatan makan, lebih baik gunakan yang penting-penting saja. Jangan membeli berbagai alat yang sekiranya tidak pernah terpakai. Yang penting Anda telah memiliki alat masak dasar saja agar dapur bisa terlihat lebih rapi dan lebih lega. Jika Anda memiliki alat masak dan alat makan yang berlebihan akan membuat kesan dapur Anda menjadi lebih ramai dan lebih sumpek.
    Namun jika terpaksa harus memiliki barang yang banyak maka Anda bisa memanfaatkan kabinet untuk menatanya di dalam sehingga jika dilihat dari luar akan lebih rapi dan lebih luas. Anda bisa menggunakan kabinet yang tertutup, namun jika yang terbuka maka Anda harus merapikan semuanya agar tidak terlihat berantakan.
  7. Manfaatkan Furnitur Portabel atau Furnitur Lipat
    Karena keresahan masyarakat yang khawatir dengan berbagai masalah lahan sempit membuat sejumlah produsen mebel membuat berbagai furnitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan tempat yang sempit. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali furnitur yang bisa dipindahkan dengan mudah atau furnitur yang lipat.
    Anda bisa memanfaatkan jenis furnitur ini sehingga saat digunakan bisa dipasang dengan mudah, namun saat tidak digunakan bisa dirapikan sedemikian rupa sehingga dapur akan terlihat lebih rapi , nyaman, dan lebih luas. Banyak sekali furnitur yang bisa dipindahkan dengan mudah atau bisa dilipat salah satu contohnya adalah meja dapur.
  8. Manfaatkan Sirkulasi Udara agar Dapur Tidak Sumpek
    Dan trik yang terakhir adalah manfaatkan jendela atau angin-angin pada dapur agar tidak terkesan lebih sumpek. Anda bisa memilih jendela yang besar atau hanya menggunakan angin-angin saja untuk membuat sirkulasi udara yang baik sehingga udara bisa masuk dan keluar saat Anda berada di dapur.
    Biasanya bau bumbu dan bau masakan bisa sangat mengganggu dan bisa membuat ruangan dapur terasa sangat sumpek. Anda bisa membuka jendela untuk membuat udara bergantian dengan udara luar sehingga bau tersebut bisa dikurangi. Namun, jika menurut Anda jendela merupakan hal yang cukup mengganggu karena udara yang masuk terlalu besar maka bisa memanfaatkan angin-angin yang kecil.
Dapur Ukuran 2x1 Minimalis Modern
Dapur Ukuran 2×1 Minimalis Modern
Desain Dapur 2x1 Meter Bentuk L Minimalis
Desain Dapur 2×1 Meter Bentuk L Minimalis
Desain Dapur 2x1 Meter Bentuk L
Desain Dapur 2×1 Meter Bentuk L
Desain Dapur 2x1 Meter
Desain Dapur 2×1 Meter
Desain Dapur Outdor Minimalis Sederhana
Desain Dapur Outdor Minimalis Sederhana
Desain Dapur Ukuran 2x1
Desain Dapur Ukuran 2×1
Desain Terbaru Dapur 2x1 Meter Bentuk L
Desain Terbaru Dapur 2×1 Meter Bentuk L
Desain Terkini Dapur 2x1 Meter Bentuk L
Desain Terkini Dapur 2×1 Meter Bentuk L
Gambar Contoh Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x1 Pilihan

Kesimpulan dan Penutup
Dari berbagai poin-poin di atas maka bisa disimpulkan bahwa walaupun Anda memiliki lahan yang sempit untuk membuat dapur, tidak membuat kesempatan Anda memiliki dapur yang lega menjadi terhambat. Anda akan tetap bisa merasakan dapur yang terlihat lega dan terkesan lebih luas asal pandai menata dapur itu sendiri. semoga beberapa trik di atas bisa berguna bagi Anda yang saat ini sedang ingin menata dapur minimalis ukuran 2×1 dengan baik.

Gambar Gravatar
Saya seorang tenaga kesehatan yang tertarik di perkembangan teknologi khususnya Website dan Pemrograman, dan meneruskan hobi saya mengambil pendidikan Teknik Informatika. Semoga informasi di Website saya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *