Handle Pintu Desain Kris Klasik

Tips Memasang Handle Pintu Minimalis

Diposting pada

Pintu menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Fungsinya sebagai jalan masuk dan penghubung antar ruang yang satu dan ruang yang lain. Pintu juga berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara di dalam ruang. Pintu dilengkapi dengan handle pintu yang berfungsi sebagai penambah nilai estetik supaya lebih enak dipandang. Handle pintu minimalis bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari referensi memaksimalkan desain rumah minimalis.

Tips Memasang Handle Pintu Minimalis

Tidak semua jenis handle sesuai dengan desain rumah minimalis Anda. Supaya menjadi satu kepaduan yang menarik dan enak dilihat berikut tips memasang handle pintu untuk rumah minimalis dari mulai pemilihan jenis handle sampai dengan proses pemasangannya.

  1. Pemilihan jenis handle

Memilih handle pintu minimalis yang sesuai dengan fungsi dan spesifikasi yang dimiliki pintu Anda. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih handle pintu yaitu ukuran pintu, besar kecilnya pintu, jenis pintu terbuat dari bahan apa dan fungsi. Fungsi handle untuk keindahan atau fungsional sebagai alat bantu dalam membuka pintu. Jangan sampai yang seharusnya sebagai handle pintu kamar mandi justru dipasang untuk pintu depan rumah. Rumah minimalis menggunakan handle pintu dengan model yang simple.

  • Melakukan pengukuran ketinggian handle pintu

Pengukuran handle sangat perlu dilakukan untuk kenyamanan dari pemakainya. Tinggi standar ukuran handle pintu minimalis di Indonesia adalah 105 cm sampai dengan 110 cm. Handle jenis kupu tarung umumnya dipakai untuk pintu yang memiliki ketinggian 2,1 meter yang menggunakan handle pintu sepanjang 40 cm sedangkan untuk pintu setinggi dua setengah meter umumnya menggunakan handle yang berukuran 50 cm. Jenis pintu juga mempengaruhi, pintu tunggal atau ganda. Jika pintu tunggal biasanya handle dan kunci pintu dibuat menyatu.

  • Menandai dimana handle pintu akan dipasang

Menandai pintu dilakukan untuk memastikan handle akan di pasangan di tempat yang sesuai dengan hasil dari proses pengukuran. tandai pintu dengan spidol atau pensil yang berwarna cerah seperti merah atau hitam usahkan untuk tidak membuat kesalahan coret di pintu supaya menghindari kesalahan ketika mengebor.

  • Melubangi pintu dengan bor

Setelah ditandai sekarang waktunya Anda untuk melakukan pelubangan dengan menggunakan bor. Ketika mengebor Anda harus hati-hati dan teliti memperhatikan tanda yang tadi sudah dibuat supaya hasilnya tidak bergeser dari pengukuran. Bor pada bagian depan dan samping pintu.

  • Memasang pengait, pelat dan pegangan 

Menandai cover depan bertujuan untuk memasukkan pengait pada pegangan pintu ke dalam lubang yang tadi sudah di bor. Setelah selesai ditandai saatnya untuk memahat bagian lubang pengait. Setelah lubang siap saatnya melakukan pemasangan kait. Pastikan pengait terpasang dengan baik. Setelah pemasangan kait saatnya masuk ke pemasangan Pelat. Untuk membuat lubang pelat Anda bisa menutup pintu yang sudah terpasang pengait lalu beri tanda pada bagian pelat yang sesuai dengan pengaitnya. Pasang baut pada bagian sisinya supaya pelat tidak mudah goyah dan lepas. Pasang pegangan, setelah pengait dan pelat selesai dipasang saatnya untuk memasukkan pegangan. Jangan lupa untuk mengencangkan sekerup dan baut yang ada pada pegangan pintu supaya handle pintu minimalis terpasang dengan kuat sempurna. Budget juga menjadi faktor penentu dari memilih handle pintu minimalis. Tips merawat handle pintu yang terbuat dari stainless steel dengan menggunakan cairan khusus. Untuk pintu berbahan nikel atau tembaga cukup di lap dengan kain bahas lalu segera lap kembali dengan kain kering.

Desain Gold Handle Pintu
Desain Gold Handle Pintu
Desain Handle Pintu Modern
Desain Handle Pintu Modern
Handle Pintu Desain Kris Klasik
Handle Pintu Desain Kris Klasik
Handle Pintu FLat Klasik
Handle Pintu FLat Klasik
Model Handle Pintu Kombinasi Kayu
Model Handle Pintu Kombinasi Kayu
Gambar Gravatar
Saya seorang tenaga kesehatan yang tertarik di perkembangan teknologi khususnya Website dan Pemrograman, dan meneruskan hobi saya mengambil pendidikan Teknik Informatika. Semoga informasi di Website saya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *