Tata Ruang Tamu Kecil untuk Lebaran

Tips dan Desain Tata Ruang Rumah Minimalis

Diposting pada

Saat akan membangun sebuah rumah, ada berbagai jenis konsep yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Bagi keluarga kecil yang baru menikah, rumah minimalis adalah tempat tinggal yang cocok dan sesuai, mengingat masih sedikitnya anggota keluarga yang dimiliki. Bagi mereka yang memilih rumah minimalis, ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi untuk membentuk karakter dari rumah tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan tata ruang rumah minimalis yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhannya masing-masing.

Tips utama Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas
Rumah minimalis adalah salah satu konsep tempat tinggal yang mengutamakan penggunaan lahan sempit, namun tidak menyampingkan keindahan dan juga kemewahan. Meskipun terkesan mudah, ternyata ada berbagai aspek yang harus diperhatikan ketika hendak membuat sebuah rumah minimalis idaman, yaitu interior dan eksterior. Pada bagian interior, konsep tata ruang rumah minimalis merupakan hal penting agar bagian dalam terlihat lebih luas meskipun memiliki bangunan yang kecil.

Selain hal tersebut, penataan bagian interior sebuah rumah minimalis juga dapat difungsikan agar rumah mampu memberikan kesan elegan dan mewah. Ada beberapa tips utama yang bisa diterapkan untuk menata bagian interior sebuah rumah minimalis, antara lain.

  1. Membuat space yang lebih besar pada bagian pintu masuk
    Pintu masuk adalah salah satu bagian utama yang harus ditata sebaik mungkin untuk mendapatkan kesan lebih luas. Hal tersebut karena pintu masuk adalah area yang pertama kali dilihat ketika seseorang baru memasuki sebuah rumah. Anda bisa melakukan penataan pada bagian pintu masuk dengan menghindari penggunaan furniture yang terlalu banyak di bagian ini. Dengan demikian, tentunya rumah akan memiliki kesan lebih luas
  2. Mengatur pencahayaan sebaik mungkin, baik ketika siang maupun malam hari
    Pencahayaan merupakan hal yang sangat penting agar rumah terlihat lebih luas dan terang. Bukan hanya soal seberapa banyak jumlah lampu, melainkan desain lampu yang digunakan dan juga cara Anda dalam mengatur tata letak lampu-lampu tersebut. Selain itu, pemilihan jendela yang sesuai juga sangat penting agar cahaya dapat masuk dengan bebas. Cara ini juga berfungsi agar rumah terlihat lebih hidup, baik di siang ataupun malam hari
  3. Memilih warna yang sesuai, baik dinding, sofa, karpet ataupun furniture lainnya.
    Penggunaan warna yang terlalu banyak saat melakukan tata ruang rumah minimalis ternyata dapat memberikan kesan kaku, penuh dan berantakan. Bagi pemilik rumah minimalis, ada baiknya jika menggunakan warna-warna cerah pada bagian dinding, seperti putih. Begitu juga dengan furniture yang dipilih, tentunya harus sesuai dan memiliki relasi dengan warna utama pada dinding. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesan bertabrakan antara warna-warna pada sebuah ruangan.
  4. Melakukan penataan furniture sesuai dengan bentuk bangunan
    Tata letak furniture yang ada di dalam bangunan rumah minimalis merupakan sesuatu yang sangat penting agar rumah terlihat lebih luas. Anda bisa meletakkan barang-barang yang memiliki karakter kaku di sudut rumah, salah satunya adalah lemari. Furniture yang memiliki beban tidak terlalu berat juga dapat diletakkan di rak ambalan, sehingga memberikan kesan lebih elegan
  5. Pemilihan ukuran furniture yang sesuai dengan kapasitas rumah.
    Pemilihan furniture merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesan luas pada tata ruang rumah minimalis. Selain itu, gunakan pula furniture sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak memberikan kesan penuh
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis Bergaya Vintage
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis Bergaya Vintage
Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Menata Ruang Tamu Kecil
Menata Ruang Tamu Kecil
Pola Desain Tata Ruang Rumah Minimalis
Pola Desain Tata Ruang Rumah Minimalis
Tata Ruang Tamu Kecil untuk Lebaran
Tata Ruang Tamu Kecil untuk Lebaran
Tata Ruang Terbuka
Tata Ruang Terbuka

Konsep tata ruang rumah minimalis sangat penting agar bagian interior terlihat lebih luas dan mewah. Hal ini juga dapat meminimalisir penggunaan dana untuk perabotan interior yang tidak terlalu diperlukan.

Gambar Gravatar
Saya seorang tenaga kesehatan yang tertarik di perkembangan teknologi khususnya Website dan Pemrograman, dan meneruskan hobi saya mengambil pendidikan Teknik Informatika. Semoga informasi di Website saya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *