Jenis Pondasi Tapak

Beberapa Pilihan Jenis Pondasi Rumah Minimalis

Diposting pada

Pondasi merupakan bagian yang paling utama ketika hendak membangun rumah. Kekuatan pondasi akan menentukan kualitas dan kelayakan hunian untuk ditinggali. Pondasi yang kuat akan membuat struktur bangun menjadi lebih kuat. Oleh sebab itu, Anda setidaknya mengenal jenis pondasi rumah sebelum merencanakan pembangunan rumah. Pondasi rumah terdiri dari beberapa jenis yaitu pondasi tapak, pondasi tikar, pondasi rakit dan berbagai jenis lainnya. Berikut akan di ulas beberapa jenis pondasi rumah minimalis khusus untuk Anda.

Jenis-Jenis Pondasi Rumah Minimalis
Pondasi merupakan struktur utama bangunan yang memegang peranan penting di dalam konstruksi. Kekuatan pondasi menjadi tolak ukur kelayakan suatu bangunan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui mengenai berbagai jenis pondasi rumah. Berikut akan di ulas jenis-jenis pondasi rumah minimalis untuk menambah pengetahuan Anda.

  1. Pad Foundations/ Pondasi Tapak
    Pondasi tapak (Pad Foundation) merupakan pondasi yang umumnya terbuat dari beton. Lapisan beton yang bertulang disusun sedemikian rupa dengan ketinggian yang sama. Pondasi ini merupakan salah satu jenis pondasi yang dapat digunakan untuk pondasi rumah minimalis. Hal itu karena pondasi tapak memiliki kekuatan yang mampu menopang struktur bangunan.
  2. Strip Foundations/ Pondasi Jalur
    Bentuk dari pondasi jalur/strip foundation yaitu memanjang dan membentuk sebuah kolom persegi. Pondasi ini seringkali juga membentuk sudut trapesium guna menyesuaikan dengan kontur tanah. Pondasi jenis ini cocok digunakan untuk membangun tembok yang tinggi. Pondasi ini tersusun dari beberapa jenis bahan seperti batu kali, pasangan batu pecah, cor beton, dan tentunya besi baja.
  3. Raft Foundations/ Pondasi Tikar
    Bagi Anda yang ingin membangun bangunan dengan kondisi tanah yang lunak, liat, dan longgar dapat menggunakan pondasi jenis ini. Pondasi tikar/raft foundation akan mendistribusikan beban gaya dari struktur atas sehingga beban tidak akan bertumpu di suatu kolom bangunan. Umumnya pondasi ini dibangun di dekat pondasi lainnya yang melintang dengan panjang tertentu. Bahan utama penyusun pondasi ini yaitu beton bertulang. Jenis pondasi ini cocok untuk Anda yang ingin membangun pondasi rumah minimalis di lahan yang lunak dan longgar.
  4. Pondasi Sumuran
    Pondasi sumuran merupakan sebah pondasi yang membentuk lingkaran. Kelebihan dari pondasi sumur yaitu memiliki daya topang yang kokoh dan kuat. Namun, pondasi ini memiliki biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, pondasi jenis ini mulai ditinggalkan. Pondasi sumur umumnya memiliki diameter 60-80 cm dengan kedalaman lubang sebesar 1-2 meter.
  5. Pondasi Rakit
    Pondasi rakit umumnya digunakan untuk tipe tanah yang lunak serta memiliki jarak kolom satu dan lainnya saling berdekatan. Hal tersebut membutuhkan penyangga untuk memperkuat struktur antar bangunan. Komponen utama dari pondasi rakit yaitu pelat beton yang tebal dan kuat. Pelat beton tersebut berperan sebagai penghubung antara suatu kolom dengan kolom lainnya yang menjuntai sepanjang garis maupun tanah.
  6. Pondasi Plat Beton Lajur
    Pondasi plat beton lajur merupakan pondasi yang banyak digunakan pada saat ini. Hal itu karena pondasi ini memiliki struktur yang sangat kuat dan stabil. Hal itu karena pondasi ini terbuat dari beton bertulang. Selain itu pondasi ini memiliki harga yang cukup kompetitif dibandingkan pondasi lainnya.
Jenis Pondasi Tapak
Jenis Pondasi Tapak
Pondasi Plat Beton Lajur
Pondasi Plat Beton Lajur
Jenis Pondasi Tikar
Jenis Pondasi Tikar
Jenis Pondasi Sumuran
Jenis Pondasi Sumuran
Jenis Pondasi Rakit
Jenis Pondasi Rakit
Pondasi Plat Beton Lajur
Pondasi Plat Beton Lajur

Itulah beberapa jenis pondasi rumah minimalis yang dapat menjadi referensi Anda. pondasi merupakan bagian yang sangat vital perannya di dalam menunjang struktur rumah. Oleh sebab itu, pembuatan pondasi haruslah menggunakan teknik yang tepat dan dilakukan para ahli. Jangan untuk berkonsultasi dengan ahli ketika Anda hendak membuat suatu pondasi.

Gambar Gravatar
Saya seorang tenaga kesehatan yang tertarik di perkembangan teknologi khususnya Website dan Pemrograman, dan meneruskan hobi saya mengambil pendidikan Teknik Informatika. Semoga informasi di Website saya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *